Cari Blog Ini

Kamis, 11 Maret 2010

Tips Mengatasi Keraguaan Pada Saat Menjual!!

Ada beberapa musuh KEBERHASILAN dalam menjual, yaitu: Keragu-raguan, tidak PD, takut ditolak, takut kalah bersaing, takut ketemu calon pembeli, dsb..Berangkat dari pengalaman pribadi dalam menjual produk barang atau jasa, dengan penuh rasa kerendahan hati saya coba berbagi beberapa tips:

1. Hilangkan rasa tidak PD..Mantapkan dalam diri kita bahwa sejak lahir ke dunia kita sudah menjadi penjual. Seorang bayi menjual tangisnya untuk memperoleh perhatian dari ibunya. Ia menangis dikala lapar, ia menangis dikala sakit, ia menangis dikala ngompol.. Jadi nggak ada alasan nggak PD..apalagi dah seumur kita gini..he..he..he . Masa' kalah sama bayi??

2. Ketika kita takut atau malu ketika ingin bertemu calon pembeli, yakinkan kita bahwa kita ingin bertemu dengan ybs bukan untuk mengemis atau meminta2..atau merampok / mencuri harta miliknya. Tujuan kita adalah untuk menawarkan produk yang kita jual. Dengan membeli produk yang kita jual kita harus yakinkan diri kita dan pembeli bahwa produk yang kita jual memiliki manfaat untuk ybs, memberikan kemudahan, atau menjadi alat bantu untuk memperlancar bisnis calon pembeli. Tujuan kita menjual adalah memberi solusi terbaik untuk calon pembeli. Apalagi calon pembeli kita sama2 makan nasi..jadi nggak ada alasan untuk kita takut atau malu..Kecuali kalo calon pembeli makannya paku , silet, atau daging mentah...mungkin kita agak sedikit ngeri..he..he..he..

3. Benamkan dalam fikiran kita..."Membeli atau Tidak Membeli itu Nomor 16". Yang menjadi nomor 1 adalah kita jadi teman dengan calon pembeli...Ini akan memperluas tali silaturahmi. Jadi kalo nggak dibeli jangan marah atau sakit hati...Kita harus tetep Happy..dan banyak teman...Saya punya seorang calon pembeli  yang sejak tahun 2007 sampai detik ini belum pernah membeli produk saya. Tapi karena kita selalu berhubungan baik akhirnya dia sering memberi referensi ke banyak orang...Alhasil saya banyak mendapat pelanggan darinya...Hingga detik ini nilai penjualan saya dari orang yang direferensikan dia mencapai angka lebih dari 200juta...Subhanallah... Walhamdulillah...

4. Tanggapi semua kritikan dari calon pembeli dengan lapang dada..Jika masukkannya baik jangan segan2 untuk memperbaiki produk kita...Akan banyak manfaat yang bisa kita dapat dari saran2nya

5. Jangan sungkan2 untuk bertanya kepada orang yang lebih senior dan lebih berpengalaman dalam menjual.

6. Tanamkan selalu keyakinan bahwa Allah sudah mengatur dan memelihara rizki kita semua. Jadi ketika penjualan kita melonjak kita tidak takabur dan sombong dan ketika penjualan kita menurun kita tidak putus asa.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan yang terbaik untuk kita semua...Amiin

Selamat menjual,

Heru Jatmiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar